Terdapat
4 strategi sistem informasi dalam bisnis. Jelaskan apakah bisnis yang tidak menggunakan sistem informasi tidak dapat menghasilkan strategi tersebut?
Bagaimana perbandingannya?
4
strategi sistem informasi dalam bisnis :
- Mencapai biaya operasional terendah dan harga terendah.
- Menghasilkan produk atau layanan baru (yang berbeda), atau mengubah kenyamanan pelanggan dalam menggunakan produk/jasa.
- Mengaktifkan fokus pasar tertentu, dan menjadi layanan target pasar tersebut dengan lebih baik dari pesaing.
- Mempererat
hubungan dengan pemasok dan pelanggan.
Jelaskan apakah
bisnis yang tidak menggunakan sistem informasi tidak dapat menghasilkan
strategi tersebut?
Penyesuaian
Teknologi Informasi bagi bisnis sangat diperlukan saat ini untuk mencapai
tujuan bisnis karena di era globalisasi saat ini bisnis dituntut untuk terus
menerus mempersiapkan dirinya mengantisipasi dan menyesuaikan diri dengan
perubahan lingkungan. Apalagi dengan perkembangan sistem informasi manajemen
yang berbasis teknologi yang cepat saat ini, perubahan itu menjadi sebuah
kewajiban karena kalau tidak bisa mengikuti perkembangan zaman saat ini maka
bisnis itu akan ketinggalan, karena teknologi informasi dibuat berdasarkan
standar internasional yang dapat digunakan bisnis manapun sehingga mempermudah
pesaing berkompetisi dalam harga serta mempermudah pesaing baru masuk ke dalam
pasar. Karena informasi tersedia bagi setiap orang, maka teknologi informasi
bisa memperkuat daya tawar pelanggan karena pelanggan bisa secara cepat dan
transparan menemukan penyedia barang atau pun jasa yang memiliki harga paling
murah di ditus website penyedia.
Contohnya
saat ini bisnis online sangat menjamur pada era digital ini, maka toko-toko
atau distro akan sepi pengunjungnya, karena konsumen bisa melakukan tawar
menawar dengan menggunakan teknologi sehingga sangat mudah bagi konsumen untuk
mendapatkan posisi tawar yang baik dan bisa mudah mendapatkan barang yang
diinginkan. Sistem informasi memiliki peran yang sangat penting dalam suatu
organisasi atau bisnis. Dengan adanya sistem informasi bisnis dapat memperolah
data untuk menunjang kegiatan bisnis operasional, mencapai biaya operasional
terendah dan harga terendah, menghasilkan produk atau layanan baru (yang
berbeda), atau mengubah kenyamanan pelanggan dalam menggunakan produk/jasa, mengaktifkan
fokus pasar tertentu, dan menjadi layanan target pasar tersebut dengan lebih
baik dari pesaing, dan mempererat hubungan dengan pemasok dan pelanggan. Berbagai
informasi yang dibutuhkan bisnis menjadi perhatian bagi para manajer bisnis
dalam pelaksanaan transaksi-transaksi yang dilakukan oleh bisnis.
Intinya,
bisnis yang tidak menggunakan sistem informasi tidak dapat menghasilkan strategi
tersebut secara optimal.
Bagaimana
perbandingannya?
Sistem informasi pada sebuah bisnis memiliki peranan penting dalam kemajuan
bisnis dan merupakan bagian yang tidak boleh diabaikan. Kesadaran atas
pentingnya manajemen merupakan hal mendorong majunya bisnis. Semakin maju
bisnis berarti semakin maju pula sistem informasi yang digunakan bisnis
tersebut. Bagi bisnis yang belum sadar akan hal ini, tentu saja akan membuat
perusahaan tersebut ketinggalan jauh dari bisnis-bisnis saingannya.
Jika sistem informasi diterapkan dengan benar pada sebuah bisnis, maka akan
memiliki efek dan manfaat masing-masing sesuai dengan sistem yang diterapkan.
Karena hal inilah yang membuat bisnis yang menerapkannya lebih maju daripada
organisasi bisnis atau bisnis lainnya dari segala bidang, karena dengan
penerapan sistem informasi pada sebuah bisnis sangat berguna untuk menunjang
kinerja bisnis menjadi jauh lebih baik.
Di era globalisasi ini, tidak bisa dipungkiri bahwasanya teknologi
informasi semakin canggih. Setiap manusia dituntut untuk bisa mengikuti
kemajuan teknologi informasi tersebut jika mereka tidak ingin ketinggalan
informasi. Tidak terkecuali dengan bisnis. Banyak bisnis yang
menginvestasikan sistem informasi untuk meningkatkan produktivitasnya.
Berikut tiga peran
sistem informasi manajemen dalam bisnis:
- Sistem informasi untuk operasi
bisnis
Sistem informasi menyediakan dukungan manajemen dalam operasi kegiatan bisnis sehari-hari. Ketika tanggapan atau respon yang cepat menjadi penting, maka kemampuan sistem informasi untuk dapat mengumpulkan dan mengintegrasikan informasi ke berbagai fungsi bisnis menjadi kritis atau penting. - Sistem informasi untuk
pengambilan keputusan manajemen
Sistem iformasi akan membantu para manajer membuat keputusan yang lebih baik, lebih tepat, dan lebih bermakna. Setiap bisnis tidak akan lepas dari yang namanya masalah, terutama dengan pengelolaan manajemen. Melakukan pemecahan masalah merupakan aktivitas penting yang harus dilakukan oleh seorang manajer. - Sistem informasi untuk
keunggulan strategis
Sistem informasi yang dirancang untuk dapat mencapai sasaran strategis dapat menyebabkan bisnis menciptakan keuggulan bersaing di pasar.
Gojek
dan Grab adalah perusahaan transportasi online yang menghubungkan pelangga dan driver
dengan sistem informasi. Meskipun Grab telah melakukan banyak promosi,
popularitas Grab tetap di bawah Gojek. Jelaskan apa faktor penyebab hal
tersebut? Jelaskan strategi apa yang harus dilakukan Grab dengan sistem
infomasinya, berdasarkan 4 strategi yang kita pelajari?
Meskipun
Grab telah melakukan banyak promosi, popularitas Grab tetap di bawah Gojek.
Jelaskan apa faktor penyebab hal tersebut?
- Popularitas dan Jumlah Pengguna
Perkara popularitas, jelas Gojek yang punya. Gojek merupakan pionir ojek online di Indonesia sehingga namanya sudah terlebih dahulu melekat dalam benak masyarakat Indonesia, khususnya di kalangan para penumpang. Itu artinya, nama Gojek sudah lebih familiar dibanding ojek online yang lain. Kemudian, menurut data dari Google Playstore, hingga saat ini aplikasi driver Gojek telah diunduh sebanyak 1 juta kali. Sementara aplikasi penumpangnya diunduh sebanyak 5 juta kali. Angka tersebut tergolong banyak mengingat Gojek hanya beroperasi di wilayah Indonesia saja. - Kelengkapan Layanan
Dari layanan yang tersedia, Gojek merupakan yang terlengkap. Ada 13 layanan ditawarkan Gojek. Selain layanan utama ojek online Go-Ride, Go-Jek juga menawarkan layanan Go-Car, Go-Send, Go-Food, Go-Mart, Go-Busway, Go-Tix, Go-Box, Go-Clean, Go-Glam, Go-Massage, Go-Med dan Go-Auto. Secara teori, semakin lengkap layanan yang tersedia, maka semakin besar pula potensi mitranya untuk meraih penghasilan. Sedangkan Grab secara dasar, layanan motor baru tersedia Grab Bike, Grab Express dan Grab Food dan lainnya. - Jumlah Armada
Dengan jumlah armada sekitar 220 ribu driver (per April 2016), Gojek menguasai pasar lokal dengan operasional yang mencakup hampir semua kota-kota besar di Indonesia.
Jelaskan
strategi apa yang harus dilakukan Grab dengan sistem infomasinya, berdasarkan 4
strategi yang kita pelajari?
Meskipun
Grab tertinggal 4 tahun dibanding Gojek, nyatanya Grab mampu mengejar
ketertinggalan dengan cepat. Strategi marketing dengan segala promosi yang
gencar membuatnya cepet berkembang di Indonesia. Berbagai iming-iming insentif
bagi driver dan reward bagi penumpang telah berhasil menambah hijaunya jalanan
di berbagai kota besar Indonesia.
Menurut
hasil pencarian, Gojek tidak memiliki asuransi apa pun. Jadi jelas, segala
resiko di jalan menjadi tanggung jawab mutlak mitra driver. Sementara itu, Grab
memiliki asuransi kecelakaan untuk proteksi mitra driver.
Grab
saat ini menawarkan tujuh layanan, GrabBike, GrabCar, GrabHitch, GrabExpress,
GrabFood, GrabTaxi Promo dan GrabTaxi. Jumlah armadanya kurang lebih 250 ribu
(data April 2016), namun angka itu mencakup penyebarannya di Asia Tenggara. Grab
memang tak hanya fokus di Indonesia, melainkan mengincar pasar Asia Tenggara.
Layanan ride sharing tersebut saat ini hadir di Malaysia, Indonesia, Singapura,
Thailand, Vietnam dan Filiphina.
Sebagai
pesaing Go-Jek, Grab berupaya mengambil hati konsumen dengan memberikan
berbagai diskon secara agresif. Grab kerap membuat kampanye tematik yang
memasukkan kode tertentu untuk mendapatkan diskon, bahkan menggratiskan tarif
perjalanan. Nilai plusnya, Grab juga punya fitur chat dan panggilan telepon di
dalam aplikasi. Jadi, tidak perlu biaya tambahan (koneksi seluler) ketika harus
menelepon atau SMS, karena berbasis data internet. Fitur komunikasi ini membuat
driver maupun penumpang tidak saling tahu nomor telepon sehingga privasi lebih
terjaga.
Grab
juga mencantumkan plat nomor kendaraan si driver pada aplikasinya, sehingga mempermudah
penumpang menemukan driver yang menjemput. Di sisi lain, rata-rata driver Grab
juga terbilang lebih disiplin menggunakan seragam sebagai salah satu tanda
pengenalnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar