Rabu, 21 Februari 2018

BISNIS MODEL KANVAS PT. Daebak Furniture

RENCANA BISNIS

TIM
-Profil Manajemen / Pembagian Tugas
·         Nama Perusahaan : Daebak Furniture
·         Nama Pemilik Usaha : Kelompok 5
·         Bidang Usaha : Mebel
·         Alamat Usaha : Jl.Rindu RT.02 No.01 Kecamatan Padang Utara
·         Tahun Berdiri : Tahun 2018
·         Jumlah Pekerja : 1 Bendahara, 1 Pengawas Produksi dan 5 Tenaga Produksi
 
Jumlah Pekerja
Tugas
1 pekerja
Bendahara
1 pekerja
Pengawas Produksi
1 pekerja
Mendesign model
1 pekerja
Memotong kayu
1 pekerja
Menghaluskan kayu
1 pekerja
Merakit potongan kayu dan pengecatan
1 pekerja
Pengantar barang ke rumah konsumen
Total                                                                 7 Pekerja

MODEL BISNIS
-Nama Bisnis 
  • Daebak Furniture
-Visi dan Misi
  • Visi : Menjadi penyedia mebel jati yang unik dan berkualitas terbesar di Indonesia. 
  • Misi : Menyediakan produk mebel selengkap mungkin, meningkatkan pelayanan untuk  pelanggan, membuka cabang di berbagai kota besar lainnya.
-Cara Kerja Bisnis
  •  Supply Bahan Baku : Bahan baku utama furniture yakni kayu, rata-rata bukan berasal dari Padang langsung, melainkan dari kota-kota  penghasil kayu diluar kota Padang. Jati dan mahoni adalah dua jenis kayu utama yang digunakan untuk pembuatan furniture.
  • Alur Kerja Pembuatan Furniture : Proses pertama dimulai dari pembelian kayu. Ukuran diameter kayu disesuaikan dengan kebutuhan, ada beberapa ukuran diameter kayu yang biasa digunakan dalam industri furniture mulai dari kecil sampai besar.
  • Proses Pengeringan : Ada beberapa metode pengeringan yang digunakan dalam industri furniture. Pengeringan dengan bantuan matahari, ada pula yang menggunakan oven kayu (kiln dry) dengan sistem tungku bakar, asap pendam ditanah atau bahkan yang lebih canggih vacuum kiln dry.
  • Proses Mal atau Pembetukan Komponen Mentah : Perlu tenaga ahli untuk melakukan hal ini, pembuatan komponen dengan asal-asalan akan menghasilkan sedikit komponen dan banyak sampah/rendemen. Setelah komponen siap barulah dirakit oleh pekerja dan kemudian masuk proses finishing dan siap untuk dikirim ke pemesan.
  • Proses Pengiriman : Karyawan Daebak Furniture yang akan mengantar pesanan ke rumah konsumen.

-Bisnis Model Kanvas
-Key
Partners
-Pembuat kayu / pemanen.
 -Perusahaan perlengkapan.
-Key
Activities
-Periklanan dan Pemasaran
-Pengiriman furniture dari pabrik langsung ke pelangggan.
-Dapat mengukur ditempat dan mendesign furniture dirumah Anda bila berminat.
-Value
Proposition

-Perabot Rumah Terjangkau (Murah).
-Mudah dirakit, mudah diangkut.

-Customer Relationship
-Diskon khusus dan penawaran untuk loyalitas.
-Menyediakan beberapa macam furniture yang bermanfaat.
-Membuat furniture yang berbeda dengan mebel yang lain.

-Customer Segment
-Pelanggan dari mana saja, barang siap diantar ke tujuan.

-Key Resources
Infrastruktur : Truk, peralatan angkat, perkakas.
-Kayu Jati dan kayu-kayu pilihan (kualitas tinggi).
-Bahan baku kayu, multiplex, blockteak dengan lapisan Duco, Laker, melamine, maupun HPL dan PVC.
-Alat dan peralatan untuk mengolah furniture.
-Alat tukang (kualitas tinggi).
-Channels
-Iklan lokal (poster, brosur, majalah, koran).
-Radio.
-Facebook.
-Instagram.
-Website.
 

-Cost
Structure
-Biaya Bahan Baku.
-Biaya Produksi.          -Biaya Periklanan.
-Biaya Tenaga Kerja.  -Biaya Transportasi.
-Revenue
Streams
-Penjualan Mebel
-Biaya layanan (pengiriman, perakitan).







-Strategi Pemasaran
Agar produk laku keras dipasaran, maka dilakukan pemasaran produk. Masyarakat tidak mengenal apa yang telah diproduksi. Untuk itu disini akan dijelaskan cara pemasaran mebel ini antara lain :
  • Membuat iklan mengenai mebel yang diproduksi Daebak Furniture.
  • Memberikan penjelasan tentang produk yang dibuat agar masyarakat memahaminya.
  • Memberi diskon sebagai langkah awal promosi.
  • Mengadakan promosi produk di daerah-daerah, instansi pemerintah, instansi swasta, dll.
  • Menyediakan situs belanja secara online agar mudah diakses olah masyarakat.
  • Melakukan promosi melalui media sosial, seperti Instagram, FB, dan website. Promosi yang kami lakukan juga dengan cara memasang papan nama di depan tempat usaha.


ANALISIS FINANSIAL

Pengeluaran :
Bahan Baku                                        : 10.000.000/Bln
Transportasi                                         : 400.000/Bln
Listrik, Air dan Telepon                      : 260.000/Bln
Gaji Karyawan 7 Orang                      : 7.700.000/Bln
Biaya Peralatan                                   : 8.000.000/bln
Total pengeluaran                             : 26.360.000

Rata-Rata Pendapatan :
( rata – rata penjualan * rata – rata harga)
20 Buah/Bln * 2.000.000        = 40.000.000

ANALISIS SWOT
-Analisis Kekuatan
  •  Kualitas kayu jati no 1, kuat, awet dan indah.
  • Model dan bentuk mebel yang unik serta menyesuaikan pesanan pelanggan, sehingga pelanggan tertarik untuk memesan.
  • Pelayanan yang memuaskan.
  • Tempat strategis dan halaman parkir yang luas.

-Analisis Kelemahan
  • Belum dikenal secara luas.
  • Membutuhkan modal yang banyak

-Analisis Peluang
  • Semakin banyak dibangun perumahan sehingga meningkatnya permintaan mebel.
  • Kurangnya penyedia mebel yang memproduksi furniture sesuai keinginan pelanggan.
  • Usaha seperti ini belum menjamur di kota Padang

-Ancaman
  • Munculnya pesaing baru yang mendirikan bisnis seperti ini.

IMPLEMENTASI
-Agenda Implementasi (Time Schedule)

No
Kegiatan
Bulan 1
Bulan 2
Bulan 3
Bulan 4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
Persiapan Bahan baku
















2.
Pelaksanaan
















3.
Promosi
















4.
Pemasaran
















5.
Evaluasi Kegiatan
















6.
Analisis Biaya
















7.
Pembahasan dan Monitoring Kegiatan
















8.
Penulisan Laporan

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan TERBARU

SISTEM CERDAS - Spreading Activation Mobile (SAM)

Spreading Activation Mobile (SAM) adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Cincinnati Children’s Hospital Medical Center untuk ngelacak k...

Postingan POPULER