Rabu, 21 Februari 2018

Analisis SWOT CV. NINON BATU SANGKAR

A.                Latar Belakang
Pada kesempatan kali ini, kami mencoba menganalisis SWOT dari perusahaan jasa pembuatan website dan program lainnya di Kota Batu Sangkar untuk mengetahui perkembanganya. Analisis SWOT ini mungkin salah satu dari faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan perusahaan ini. Analisis SWOT dilakukan oleh setiap management perusahaan untuk menentukan tindakan strategi atau antisipasi terhadap kesempatan dan hambatan terhadap perusahaan.

B.                 Rumusan Masalah
Sesuai dengan tugas yang diberikan, maka kami akan membahas pokok masalah, yaitu “Analisis SWOT Dalam Perusahaan CV Ninon di Batusangkar”

C.                 Tujuan
  • Untuk mengetahui lebih dalam masalah lingkungan eksternal dan internal.
  • Untuk mengetahui sejauh mana ancaman yang dihadapi oleh suatu perusahaan.
D.                Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.


ANALISIS SWOT
CV. NINON BATU SANGKAR

A.    STRENGTH (Kekuatan)
1.      Apa yang menjadi kekuatan perusahaan CV. Ninon?
Jawab : Memiliki keunggulan dalam pengelolaan website dengan server sendiri, ditambah dengan IP Dynamic dan ISP.
2.      Apa yang perusahaan kerjakan paling baik?
Jawab : Membuat website dan aplikasi dekstop minimarket.
3.      Apa yang dilihat orang lain sebagai kekuatan perusahaan?
Jawab : Perusahaan dianggap sebagai pembuat program website dan aplikasi dekstop untuk penjualan.
4.      Apa rekam jejak yang baik ?
Jawab : Meraih penghargaan dari Bupati dan Dinas Pendidikan karena telah mengelola website dengan baik dan lancar.
5.      Dimana perusahaan bersaing dengan baik?
Jawab : Di kawasan Kota Batusangkar, dimana disitu banyak kantor Dinas, sekolah, toko dan lain-lain

B.     WEAKNESS (Kelemahan)
1.      Apa yang dapat dikembangkan?
Jawab : Sarana dan prasarana, tenaga programmer.
2.      Apa yang berlangsung kurang optimal di bandingkan dengan keinginan perusahaan?
Jawab : Spesifikasi server hanya standart
3.      Kompetisi apa yang tidak berlangsung dengan baik?
Jawab : Pemasaran yang kurang gencar karena keterbatasan waktu.
4.      Apa yang dapat perusahaan perbaiki?
Jawab : Sarana dan prasarana, mencari dan bekerja sama dengan programmer yang lebih handal.
5.      Apa yang telah dilakukan perusahaan secara tidak baik?
Jawab : Penyelesaian project tidak tepat waktu, jika banyak mendapatkan project dari pelanggan.
6.      Hal apa yang harus dihindari perusahaan ?
Jawab : Berkurangnya kerja sama antar tim dan berkurangnya kepuasan pelanggan.

C.     OPPORTUNITIES (Peluang)
1.      Jika tidak hambatan, apa yang akan perusahaan lakukan?
Jawab : Mengelola seluruh website di Sumatera Barat untuk jangka pendek.
2.      Apa yang mungkin dilakukan Perusahaan ?
Jawab : Melakukan promosi yang gencar agar website yang dibuat mudah dikenal oleh orang lain, bisa berpromosi via sosial media seperti facebook, twitter dan google+ secara gratis.
3.      Dimana posisi perusahaan yang diinginkan dalam lima tahun ke depan?
Jawab : Posisi yang diinginkan perusahaan untuk bisa bersaing di kawasan kota Batu Sangkar paling utama dan kalau bisa bersaing di kancah nasional.
4.      Dengan siapa perusahaan ingin bekerja sama?
Jawab : Perusahaan bekerja sama dengan jasa penyedia internet PT Telkom Indonesia dan jika ada mempunyai modal lebih bisa bergabung dengan media periklanan Google Adword milik google.
5.      Sampai dimana teknologi baru dapat mengubah praktek perusahaan?
Jawab : Sangat membantu pekerjaan perusahaan secara maksimal.
6.      Perubahan finansial / pemerintahan / legislative dapat menguntungkan perusahaan dimasa depan?
Jawab : Ya, karena jika pemerintah mendukung suatu perusahaan untuk kedua belah pihak akan saling menguntung.
7.      Apa yang akan terjadi dalam beberapa tahun yang akan datang?
Jawab : Mudah-mudahan perusahaan dapat bersaing dan dipercaya di seluruh Indonesia

D.    THREAT (Ancaman)
1.      Apa yang menghambat perkembangan perusahaan?
Jawab : Masih terbatasnya tenaga programmer yang menguasai berbagai jenis bahasa pemograman.
2.      Siapa yang ingin mengambil alih tugas/ pekerjaan/ peranan perusahaan?
Jawab : Pihak luar yang berasal dari lulusan bidang programmer atau bidang informatika.
3.      Apa yang dilakukan organisasi terhadap pesaing perusahaan?
Jawab : Mencari dan mengamati kelemahan perusahaan dan mencoba mencari inovasi terbaru seperti pengembangan desain program agar banyak mendapatkan pelanggan.
4.      Apakah teknologi perkembangan baru mengubah peran perusahaan?
Jawab : Ya, karena perusahaan mengikuti perkembangan teknologi.
5.      Perubahan apa yang akan terjadi?
Jawab : Perusahaan bisa bangkrut, jika tidak dikelola dengan baik.
6.      Hambatan macam apa yang perusahaan hadapi?
Jawab : Kurangnya kepercayaan masyarakat, karena semakin banyak orang luar perusahaan menguasai pembuatan program.
7.      Dapatkah perusahaan mengatur pembiayaan jangka pendek dan jangka panjang?
Jawab : Tidak, karena pendanaan dari perusahaan tidak tetap hanya berasal dari project yang terjual.


Membuat Analisis Strategi
A.    Strategi SO
1.      Tetap mempertahankan keunggulan perusahaan yang ada.
2.      Terus melakukan inovasi dalam pembuatan desain program agar pelanggan lebih. percaya terhadap perusahaan.
3.      Mempertahankan harga yang telah dipercayai pelanggan.
4.      Website perusahaan dikelola dengan baik untuk mempromosikan perusahaan agar banyak mendapatkan pelanggan.

B.     Strategi WO
1.      Menjadikan pesaing sebagai motivasi untuk selalu menciptakan inovasi baru.
2.      Tetap mempertahankan kerjasama tim.
3.      Melengkapi sarana dan prasarana yang masih kurang.
4.      Menyelesaikan project tepat waktu agar pelanggan tidak kecewa.

C.     Strategi ST
1.      Mencari tenaga programmer yang lebih menguasai berbagai jenis bahasa pemograman untuk diajak bekerja sama.
2.      Mencari solusi berdasarkan kelemahan yang ada perusahaan untuk bisa bersaing dengan pesaing lain.

D.    Strategi WT
1.      Terus memunculkan inovasi baru agar berbeda dengan pesaing lain.
2.      Mempertahankan kepercayaan masyarakat dengan strategi harga penjualan dan inovasi baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan TERBARU

SISTEM CERDAS - Spreading Activation Mobile (SAM)

Spreading Activation Mobile (SAM) adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Cincinnati Children’s Hospital Medical Center untuk ngelacak k...

Postingan POPULER