Pada
kesempatan kali ini, kami mencoba menganalisis SWOT dari perusahaan jasa
pembuatan website dan program lainnya di Kota Batu Sangkar untuk mengetahui
perkembanganya. Analisis SWOT ini mungkin salah satu dari faktor-faktor yang
mempengaruhi perkembangan perusahaan ini. Analisis SWOT dilakukan oleh setiap
management perusahaan untuk menentukan tindakan strategi atau antisipasi
terhadap kesempatan dan hambatan terhadap perusahaan.
B.
Rumusan Masalah
Sesuai
dengan tugas yang diberikan, maka kami akan membahas pokok masalah, yaitu
“Analisis SWOT Dalam Perusahaan CV Ninon di Batusangkar”
C.
Tujuan
- Untuk mengetahui lebih dalam masalah lingkungan eksternal dan internal.
- Untuk mengetahui sejauh mana ancaman yang dihadapi oleh suatu perusahaan.
D.
Analisis SWOT
Analisis
SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi
kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),
dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.
Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau
proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan
yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.
ANALISIS SWOT
CV. NINON BATU
SANGKAR
A. STRENGTH
(Kekuatan)
1. Apa
yang menjadi kekuatan perusahaan CV. Ninon?
Jawab : Memiliki
keunggulan dalam pengelolaan website dengan server sendiri, ditambah dengan IP
Dynamic dan ISP.
2. Apa
yang perusahaan kerjakan paling baik?
Jawab : Membuat website
dan aplikasi dekstop minimarket.
3. Apa
yang dilihat orang lain sebagai kekuatan perusahaan?
Jawab : Perusahaan
dianggap sebagai pembuat program website dan aplikasi dekstop untuk penjualan.
4. Apa
rekam jejak yang baik ?
Jawab : Meraih
penghargaan dari Bupati dan Dinas Pendidikan karena telah mengelola website
dengan baik dan lancar.
5. Dimana
perusahaan bersaing dengan baik?
Jawab : Di kawasan Kota
Batusangkar, dimana disitu banyak kantor Dinas, sekolah, toko dan lain-lain
B. WEAKNESS
(Kelemahan)
1. Apa
yang dapat dikembangkan?
Jawab : Sarana dan
prasarana, tenaga programmer.
2. Apa
yang berlangsung kurang optimal di bandingkan dengan keinginan perusahaan?
Jawab : Spesifikasi server
hanya standart
3. Kompetisi
apa yang tidak berlangsung dengan baik?
Jawab : Pemasaran yang
kurang gencar karena keterbatasan waktu.
4. Apa
yang dapat perusahaan perbaiki?
Jawab : Sarana dan
prasarana, mencari dan bekerja sama dengan programmer yang lebih handal.
5. Apa
yang telah dilakukan perusahaan secara tidak baik?
Jawab : Penyelesaian
project tidak tepat waktu, jika banyak mendapatkan project dari pelanggan.
6. Hal
apa yang harus dihindari perusahaan ?
Jawab : Berkurangnya
kerja sama antar tim dan berkurangnya kepuasan pelanggan.
C. OPPORTUNITIES
(Peluang)
1. Jika
tidak hambatan, apa yang akan perusahaan lakukan?
Jawab : Mengelola
seluruh website di Sumatera Barat untuk jangka pendek.
2. Apa
yang mungkin dilakukan Perusahaan ?
Jawab : Melakukan
promosi yang gencar agar website yang dibuat mudah dikenal oleh orang lain,
bisa berpromosi via sosial media seperti facebook, twitter dan google+ secara
gratis.
3. Dimana
posisi perusahaan yang diinginkan dalam lima tahun ke depan?
Jawab : Posisi yang
diinginkan perusahaan untuk bisa bersaing di kawasan kota Batu Sangkar paling
utama dan kalau bisa bersaing di kancah nasional.
4. Dengan
siapa perusahaan ingin bekerja sama?
Jawab : Perusahaan
bekerja sama dengan jasa penyedia internet PT Telkom Indonesia dan jika ada
mempunyai modal lebih bisa bergabung dengan media periklanan Google Adword
milik google.
5. Sampai
dimana teknologi baru dapat mengubah praktek perusahaan?
Jawab : Sangat membantu
pekerjaan perusahaan secara maksimal.
6. Perubahan
finansial / pemerintahan / legislative dapat menguntungkan perusahaan dimasa
depan?
Jawab : Ya, karena jika
pemerintah mendukung suatu perusahaan untuk kedua belah pihak akan saling
menguntung.
7. Apa
yang akan terjadi dalam beberapa tahun yang akan datang?
Jawab : Mudah-mudahan
perusahaan dapat bersaing dan dipercaya di seluruh Indonesia
D. THREAT
(Ancaman)
1. Apa
yang menghambat perkembangan perusahaan?
Jawab : Masih
terbatasnya tenaga programmer yang menguasai berbagai jenis bahasa pemograman.
2. Siapa
yang ingin mengambil alih tugas/ pekerjaan/ peranan perusahaan?
Jawab : Pihak luar yang
berasal dari lulusan bidang programmer atau bidang informatika.
3. Apa
yang dilakukan organisasi terhadap pesaing perusahaan?
Jawab : Mencari dan
mengamati kelemahan perusahaan dan mencoba mencari inovasi terbaru seperti
pengembangan desain program agar banyak mendapatkan pelanggan.
4. Apakah
teknologi perkembangan baru mengubah peran perusahaan?
Jawab : Ya, karena
perusahaan mengikuti perkembangan teknologi.
5. Perubahan
apa yang akan terjadi?
Jawab : Perusahaan bisa
bangkrut, jika tidak dikelola dengan baik.
6. Hambatan
macam apa yang perusahaan hadapi?
Jawab : Kurangnya
kepercayaan masyarakat, karena semakin banyak orang luar perusahaan menguasai
pembuatan program.
7. Dapatkah
perusahaan mengatur pembiayaan jangka pendek dan jangka panjang?
Jawab : Tidak, karena
pendanaan dari perusahaan tidak tetap hanya berasal dari project yang terjual.
Membuat
Analisis Strategi
A. Strategi
SO
1. Tetap
mempertahankan keunggulan perusahaan yang ada.
2. Terus
melakukan inovasi dalam pembuatan desain program agar pelanggan lebih. percaya
terhadap perusahaan.
3. Mempertahankan
harga yang telah dipercayai pelanggan.
4. Website
perusahaan dikelola dengan baik untuk mempromosikan perusahaan agar banyak
mendapatkan pelanggan.
B. Strategi
WO
1. Menjadikan
pesaing sebagai motivasi untuk selalu menciptakan inovasi baru.
2. Tetap
mempertahankan kerjasama tim.
3. Melengkapi
sarana dan prasarana yang masih kurang.
4. Menyelesaikan
project tepat waktu agar pelanggan tidak kecewa.
C. Strategi
ST
1. Mencari
tenaga programmer yang lebih menguasai berbagai jenis bahasa pemograman untuk
diajak bekerja sama.
2. Mencari
solusi berdasarkan kelemahan yang ada perusahaan untuk bisa bersaing dengan
pesaing lain.
D. Strategi
WT
1. Terus
memunculkan inovasi baru agar berbeda dengan pesaing lain.
2. Mempertahankan
kepercayaan masyarakat dengan strategi harga penjualan dan inovasi baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar