Rabu, 21 Februari 2018

Service Strategi LAZADA

SISTEM PENGIRIMAN BARANG
Apa Saja Fitur Penting Dari Sistem Pengiriman Barang Lazada?
Peran Orang 
  • Melakukan proses verifikasi dan memberitahukan informasi kepada pelanggan melalui sms atau email.  
  • Melakukan komunikasi dengan supplier/ jasa pengiriman barang untuk bekerja sama dalam melakukan pengiriman barang sesuai dengan yang diminta oleh pelanggan  
  • Menentukan dan menjalin komudikasi dengan supplier/jasa pengiriman barang sesuai dengan daerah dimana pelanggan berada
  • Mengatur dan menindak lanjuti, jika ada pelanggan melakukan permintaan pembatalan pengiriman barang. 
Peran Teknologi 
  • Para pelanggan dapat mengunjungi Lazada dengan mudah dan nyaman.
  • Pelanggan dapat melakukan transaksi di rumah atau dimanapun pelanggan berada.
  • Menyediakan jaringan dalam mengirim dan menerima informasi yang sangat luas dalam bertransaksi baik di dalam kota, luar kota, dalam negeri maupun luar negeri.
  • Mampu menampilkan berbagai macam produk yang akan ditawarkan kepada pelanggan.
Peran Equitment/ Peralatan.
  •  Menyiapkan dan membungkus atau mempacking barang yang akan dikirimkan kepada pelanggan atau penerima.
  •  Mengukur dan menimbang berat barang yang akan di kirim untuk menentukan biaya yang akan dikeluarkan untuk pengiriman barang.
  •  Melakukan pengecekan barang atau produk yang akan dikirim.
Peran Layout/Tata letak 
  •  Layout berhubungan erat dengan alokasi ruang guna penempatan produk yang akan dijual.
  •  Mengatur letak barang atau produk yang akan dikirim sesuai dengan kategori barangnya.
  •  Menyimpan barang yang akan dikirim.
  •  Mendekatkan produk dengan supplier atau pihak yang berkaitan dalam pengiriman barang agar tersedia dalam tempat serta jumlah yang tepat.
Procedure 
  • Pembeli terlebih dahulu mengisi identitas pembeli di kolom informasi pelanggan berisi alamat penagihan, email, password email, nama depan, nomor ponsel, nomor lainnya, tanggal lahir, jenis kelamin, jenis alamat (apakah alamat yang dituju adalah alamat kantor atau rumah), provinsi, kota/kab, kode pos, kecamatan atau kelurahan.
  •  Kemudian pembeli melakukan pembayaran pertama bisa melalui e-credit cards yang dapat dilakukan melalui kartu kredit visa dan master card, kedua dapat menggunakan melalui bank transfer lewat rekening.
  •  Setelah berhasil melakukan pemesanan customer service Lazada akan melakukan proses verivikasi dan akan memberitahukan informasi kepada pembeli melalui sms atau email.
  • Untuk pengiriman barang Lazada bekerja sama dengan dengan 5 perusahaan logistic : JNE, RPX, Firs Logistic, Pandu Logistic dan TIKI dan Lazada juga memiliki Lazada Express untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.
  •  Lazada tidak dapat menjamin pengiriman di tanggal dan jam yang ditentukan. Pengiriman dilakukan setiap hari kecuali hari sabtu dan minggu dan hari libur nasional.
  •  Jika ada permintaan pembatalan maka harus menghubungi www.lazada.co.id/contact. Untuk segera ditindak lanjuti. Khusus produk luar negeri tidak diperbolehkan untuk melakukan pembatalan pemesanan.
  • Lazada juga menyediakan menu melacak pesanan untuk pembeli dengan cara www.lazada.co.id/ordertracking masukan nomor pesanan dan alamat email.

Kapasitas Apa Yang Harus Disediakan?
Kapasitas Normal 
  • Untuk biaya ongkos pengiriman barang akan dihitung berdasarkan berat produk sesuai kriteria yang telah di tetapkan jasa pengiriman yang bekerja sama dengan lazada.
  • Harga normal minimum order Rp. 50.000,00 gratis ongkos kirim untuk 7 kg pertama untuk wilayah jakarta pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.
Kapasitas Level Tinggi 
  • Harga Tertinggi minimum order Rp. 600.000,00 gratis ongkos kirim 1 kg pertama untuk wilayah Kab. Merauke, Kab. Kaimana, Kab. Paniai.

Sampai Sejauh Mana?
Membantu Standar Kualitas
  •  Lazada menggunakan jasa kurir atau jasa pengiriman barang. Dengan menggunakan jasa kurir dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada perusahaan dan juga dapat meningkatkan kualitas perusahaan 
Membedakan Layanan Dari Persaingan 
  • Lazada membuat gudang penyimpanan barang yang akan di distribusikan di setiap kota-kota besar yang ada di Indonesia.
  • Lazada juga membuat layanan bayar langsung ditempat di kota-kota tertenta.
  •  Dalam pengiriman barang, lazada juga memiliki jasa kurir tersendiri khusus bagi pelanggan yang berbelanja di Lazada yang bernama Lazada Express (LEX) 
Memberikan Hambatan Untuk Masuk Oleh Pesaing 
  • Cara Lazada mencegah pesaing masuk seperti membobol akun pelanggan, Lazada menggunakan Two step verification atau verifikasi ganda..
  • Two step verification mewajibkan pengguna Lazada melewati dua verifikasi ketika bertransaksi menggunakan kartu kredit. Verifikasi pertama adalah melalui email dari Lazada, sedangkan verifikasi kedua dilanjutkan lewat SMS ke nomor nasabah yang terdaftar di bank penerbit kartu kredit. Untuk verifikasi kedua, dilakukan langsung oleh pihak Bank..
  • Jadi kalau akun email pengguna berhasil dibobol, verifikasi kedua yang lewat SMS seharusnya akan membantu menahan transaksi tak lazim. Sebab nomor telepon nasabah yang dikirimi SMS sejatinya hanya tersimpan di database bank yang sulit diakses. 

STRATEGI OPERASI
Apa Saja Elemen Penting Dari Strategi Operasi?
Operasi
  •  Merancang barang dan jasa.
  • Seperti menentukan batasan biaya dan kualitas tertinggi.
  • Merancang proses dan kapasitas.
  • Seperti dalam menentukan komitmen dalam menggunakan teknologi dan penggunaan sumber daya manusia.
Pembiayaan
  •  Dapat meningkatkan utility (Daya Guna) dari modal/uang.
  •  Dapat meningkatkan utility (Daya Guna) dari suatu barang.
  •  Meningkatkan peredaran dan lalu lintas uang.
  •  Stabilitas ekonomi 
Pemasaran
  • Lazada melakukan promosi lewat google Adwords.
  • Berfungsi untuk memunculkan di halaman hasil pencarian Google dan juga iklan di website/ blog publisher Google Adsense sesuai dengan kata kunci atau topik tertentu yang sedang dicari oleh pengguna internet.
  • Lazada memanfaatkan facebook atau media sosial lainnya dengan baik melakukan promosi.
  • Lazada menawarkan program afiliasi yaitu memberdayakan orang lain untuk menjual produk Anda dengan pembagian komisi yang sudah ditentukan.
Sumber Daya Manusia 
  • Menentukan keberhasilan pemasaran
  • Melaksanakan program organisasi guna mencapai tujuan organisasi.
Kontrol
  •  Untuk melihat apakah segala kegiatan yang dilaksanakan telah sesuai dengan rencana yang digariskan dan disamping itu merupakan hal yang penting pula untuk menentukan rencana kerja yang akan datang. 

Dimana Usaha Paling Banyak Dikonsentrasikan? 
  • Lazada melakukan penjualan dan pengiriman barang dengan target membangun tempat pelayanan dan penyimpanan barang di kota-kota besar yang ada di Indonesia. Lazada juga berkonsentrasi dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menggelar parade diskon besar-besaran.

Dimana Investasi Akan Dilakukan?
  •  Lazada sendiri banyak berinvestasi di bidang infrastruktur seperti pergudangan, sistem otomatisasi dan delivery hub (pusat pengiriman) di seluruh Nusantara. Hasilnya, Lazada kini dapat memberikan layanan pengiriman yang lebih cepat dan murah kepada para konsumen kami dan memberikan pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan secara menyeluruh.
  • Berbagai barang ekslusif dari sejumlah brand internasional yang menjadi mitra kami. juga melengkapi pilihan barang yang tersedia di Lazada. Sebagian besar dari brand tersebut telah memiliki toko resmi di Lazada, antara lain Samsung, P&G dan Unilever. 

Bagaimana Kualitas Dan Biaya Bisa Dikendalikan?
Tindakan 
  • Pengamatan terhadap performansi produk atau proses.
  • Membandingkan performansi yang ditampilkan dengan standar yang berlaku.
  • Mengambil tindakan-tindakan bila terdapat penyimpangan-penyimpangan yang cukup signifikan, dan jika perlu perlu dibuat tindakan-tindakan untuk mengoreksinya.
  • Pengendalian biaya dengan pengawasan fisik.
Insentif 
  • Memberikan balas jasa yang berbeda dikarenakan hasil kerja yang berbeda.
  • Mendorong semangat kerja karyawan dan menyampaikan kepuasan.
  • Mempertahankan karyawan yang berprestasi biar tetap berada dalam perusahaan.
Hadiah 
  • Penawaran diskon mingguan/bulanan untuk mendorong penjualan.
  • Melakukan penawaran khusus berupa harga khusus atau hadiah saat peluncuran produk baru.
  • Memberikan penawaran yang berkaitan dengan media sosial.
  • Melakukan diskon dengan pembelian minimum.

Hasil Yang Diharapkan Dalam Persaingan?
Kualitas Layanan
  •  Mengharapkan kepuasan dan harapan yang sesuai dengan pelanggan.
Profil Bisnis 
  • Supaya dapat menjelaskan prestasi atau pencapaian terbaik yang dilakukan perusahaan agar pelanggan semakin percaya terhadap perusahaan.
Produktifitas 
  • Perusahaan dapat menilai efisiensi penggunaan sumber daya dalam menghasilkan barang dan jasa 
Semangat/Loyalitas Server 
  • Pelanggan yang sudah ada memiliki prospek yang lebih besar untuk memberikan keuntungan kepada perusahaan.
  • Biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam menjaga dan memperthankan pelanggan yang sudah ada, jauh lebih kecil daripada mencari pelanggan baru. 

KONSEP LAYANAN
Apa Unsur Penting Dari Layanan Yang Akan Diberikan? 
  • Menahan diri untuk tidak mempublikasikan, membagikan atau menyebarkan informasi tentang sebuah kemungkinan celah keamanan pada sistem kami dalam bentuk atau cara apapun di ruang publik hingga kami selesai menyelidiki, menanggapi, dan menangani celah keamanan sistem yang dilaporkan dan memberitahukan pelanggan jika diperlukan. 

Bagaimana Elemen-Elemen Ini Seharusnya Dirasakan Oleh Segmen Pasar Sasaran?
Oleh Pasar Pada Umumnya 
  •  Lebih professional dan terpercaya.
  •  Keamanan lebih terjamin.
  •  Lebih efektif dan efisien dalam mengelola produk.
  •  Untuk laporan keuntungan yang didapat, dapat tertera otomatis (keuntungan % dari barang terjual).
Oleh Karyawan 
  • Yang dirasakan bagi karyawan tidak lain hanyalah tidak perlu mencatat produk yang memesan, karena semua sistem dibuat secara otomatis, admin hanyalah pihak ketiga yang menghubungkan pembeli dan penjual. 
Oleh Orang Lain 
  • Dengan adanya pasar online, orang lain bisa mencari barang yang mereka butuhkan dengan cepat, mudah, dan nyaman.
  • Pembeli bisa membandingkan berbagai jenis barang sekaligus kapanpun, dimanapun, dan tanpa tekanan untuk langsung menyelesaikan pembelian saat itu juga.
  • Pembeli mendapatkan kebebasan waktu yang tidak terbatas untuk mempertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli.
  • Pembeli tidak harus repot membawa belanjaan karena semua akan diantarkan langsung ke tempat tujuan. 

Bagaimana Pelanggan Melihat Konsep Layanan? 
  • Untuk melihat konsep pelayanan, pelanggan disediakan menghubungi admin ataupun email yang telah terpampang pada web Lazada, atau bisa juga mengamati pergerakan toko maupun bertanya kepada pelanggan yang telah mencoba membeli produk. 

Upaya Apa Yang Disarankan Dalam Hal Cara Pelayanannya?
  • Dapat dirancang terutama keamanan bagi pembeli untuk membeli produk, dan bagi penjual dapat memasarkan produknya secara jelas dan tidak merugikan pihak yang lainnya.
  • Untuk pelayanannya juga bisa disampaikan dengan cara iklan dan meninggalkan komentar pada menu yang telah disediakan. Dan juga kerja sama dengan pihak-pihak tertentu. Dengan itu, pelayanan lebih efisien.
  • Dipasarkan dengan produk yang jelas dan transparan melalui tiga pihak. 

SEGMEN PASAR SASARAN
Apa Karakteristik Umum Dari Segmen Pasar Yang Penting?
  • Ukuran, daya beli, dan profil segmen harus dapat diukur meskipun ada beberapa variabel yang sulit diukur.
  • Segmen pasar harus dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.
  • Segmen pasar harus cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani.

Dimensi Apa Yang Bisa Digunakan Untuk Segmen Pasar?
Demografis
  • Karakteristik demografis yang paling sering digunakan sebagai dasar untuk segmentasi pasar antara lain: usia, Gender, Status Perkawinan, pendapatan, pendidikan dan pekerjaan.
  • Demografis membantu menemukan pasar target atau sasaran. Informasi demografis merupakan cara yang paling efektif dari segi biaya dan paling mudah diperoleh untuk mengenali target. 
Fisikografis
  • Profil psikografis salah satu segmen konsumen dapat dianggap sebagai gabungan berbagai kegiatan (activities), minat (interests), dan pendapat (opinions) (AIO) konsumen yang dapat diukur. Dalam bentuk yang paling umum, studi psikografis AIO menggunakan serangkaian pernyataan (daftar pernyataan psikografis) yang dirancang untuk mengenali berbagai aspek yang relevan mengenai kepribadian, motif membeli, minat, sikap, kepercayaan, dan nilai-nilai konsumen. 

Seberapa Penting Berbagai Segmen?
  • Memungkinkan untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan
  • Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar.

Apa Kebutuhan Masing-Masing Segmen?
  • Biaya produksi, karena berproduksi pada waktu yang lebih pendek.
  • Biaya penelitian, karena adanya kebutuhan akan meneliti segmen-segmen yang lebih banyak. 

Seberapa Baik Kebutuhan Dilayani?
Dengan Cara Apa?
  •  Harus mengarah pada pemasaran produk yang akan dilakukan.
  •  Harus mudah dijangkau sehingga proses pemasaran lebih efektif.
  •  Mudah di ukur agar bisa memperkirakan seberapa besar kemapuan untuk memasuki pasar sebagai target pemasaran.
Oleh Siapa?
  •  Dalam perusahaan yang mengendalikan segmen pasar adalah pihak-pihak yang berkaitan dalam bidang produksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan TERBARU

SISTEM CERDAS - Spreading Activation Mobile (SAM)

Spreading Activation Mobile (SAM) adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Cincinnati Children’s Hospital Medical Center untuk ngelacak k...

Postingan POPULER