Sabtu, 28 April 2018

PROSES BISNIS Dalam Perpustakaan STMIK Indonesia dan INOVASI di Bidang IT/IS


Perhatikan sistem perpustakaan STMIK Indonesia. Identifikasi langkah dalam proses peminjaman buku.
a.      Uraikan dan jelaskan proses bisnis dalam perpustakaan STMIK Indonesia.
  • Mahasiswa yang ingin meminjam buku, datang langsung ke perpustakaan.
  • Lalu, memilih buku yang ingin dipinjam.
  • Buku tersebut diberikan kepada pegawai perpustakaan sambil menunjukkan kartu perpustakaan sebagai syarat meminjam buku.
  • Jika mahasiswa tidak mempunyai kartu perpustakaan, mahasiswa boleh meninggalkan KTP-nya sebagai jaminan.
  • Buku yang dipinjam hanya boleh sampai satu minggu. Jika lebih dari itu, mahasiswa didenda Rp. 500 / hari.
b.      Informasi apa yang mengalir diantara kegiatan tersebut?
  • Judul buku yang dipinjam?
  • Siapa yang meminjam buku?
  • Waktu peminjaman dan pengembalian buku?
c.       Apakah sistem saat ini masih harus ditingkatkan?
  • Masih. Misalnya dalam daftar hadir perpustakaan. Yang sekarang masih manual, bisa dikembangkan dengan menggunakan suatu program. Dimana program ini bisa menampilkan persentase kunjungan mahasiswa ke perpustakaan setiap harinya. Dari hasil persentase ini, pihak kampus bisa melihat minat baca dari mahasiswa STMIK Indonesia.
  • Dalam segi keamanan barang bawaan mahasiswa yang berkunjung ke perpustakaan. Yang sekarang, setiap mahasiswa bisa meletakkan tasnya begitu saja di rak yang kosong, tanpa ada jaminan apapun tas itu masih tetap disana sampai mahasiswa ingin mengambilnya. Mungkin pihak perpustakaan bisa mengganti rak tersebut dengan loker. Dengan begitu mahasiswa bisa meninggalkan barang bawaannya dengan aman, jika sudah menguncinya. Sehingga mahasiswa bisa berlama-lama membaca buku di perpustakaan tanpa mengkhawatirkan barang yang dititipkan di loker itu.
  • Dan yang paling penting, pihak perpustakaan harus menambahkan satu rak buku lagi, khusus untuk buku yang baru selesai dibaca mahasiswa atau buku yang baru saja dipinjam mahasiwa, sehingga pihak perpustakaan bisa mengetahui buku apa saja yang paling banyak diminati oleh mahasiswa STMIK Indonesia.
d.      Apa saja kelemahan dari alur peminjaman buku saat ini dan bagaimana solusinya? Uraikan solusi yang Anda tawarkan secara detail.
Menurut kelompok kami tidak ada. Karena proses peminjaman buku saat ini sudah cukup cepat dan sudah terkomputerasi.
e.       Apa keuntungan bagi perpustakaan STMIK Indonesia jika kinerja sistemnya ditingkatkan?
Perpustakaan STMIK bisa mengetahui minat baca mahasiswa. Dengan adanya loker di perpustakaan, keamanan pengunjung perpustakaan akan terjaga sehingga mahasiswa yang datang ke perpustakaan tidak was-was dengan barangnya sehingga mereka bisa berlama-lama membaca buku di perpustakaan tanpa perlu khawatir barang yang ditinggalkan.


Inovasi merupakan kunci kesuksesan bisnis saat ini. Apabila STMIK Indonesia meminta  ide inovasi di bidang IT/IS dari Anda, inovasi seperti apa yang akan Anda tawarkan? Jelaskan secara detail.
-LIFT.
Lift adalah angkutan transportasi vertikal yang digunakan untuk mengangkut orang atau barang.
STMIK Indonesia mempunyai 4 lantai. Jika adanya lift, akan mempermudah mahasiswa untuk sampai ke kelas yang dituju dengan lebih cepat. Misalnya, mahasiswa ingin ke lantai 4, mahasiswa tidak perlu menaiki tangga dengan susah payah. Begitu pun dengan dosen yang mengajar di lantai 4. Misalnya, ada seorang dosen wanita yang hamil, ia harus mengajar di lantai 3 atau 4, tentu saja susah baginya untuk menaiki tangga. Dengan adanya lift, mahasiswa/dosen akan lebih terbantu untuk sampai ke kelas dengan cepat.
-Vending Machine (Soft drink)
Vending Machine merupakan mesin penjual otomatis, misalnya minuman ringan.
Pihak kampus bisa meletakkan mesin ini satu buah di setiap lantai sehinga mahasiswa atau dosen yang merasa haus, tidak perlu jauh-jauh ke warung untuk membeli minuman. Cukup dengan memasukkan uang ke mesin, minuman yang dipilih bisa keluar dengan sendirinya.
Berikut cara menggunakan mesin minuman:
  • Masukan uang ke mesin minuman, pokonya ada lubang khusus buat uang.
  • Langkah selanjutnya, "Pilih minuman". Minuman tersedia jika tanda bulat merah menyala, dan jika tanda silang merah menyala berarti minuman tidak tersedia. Sebelumnya tanda bulat merah dan tanda silang merah tidak akan menyala jika uang belum dimasukkan ke mesin minuman. Selanjutnya misalkan anda ingin memilih minuman fruit tea berarti tinggal menekan tombol bulat merah yang berada di bawah fruit tea.
  • Langkah berikutnya, "Ambil minuman". Setelah menekan tombol bulat, minuman akan keluar dan Anda bisa mengambilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan TERBARU

SISTEM CERDAS - Spreading Activation Mobile (SAM)

Spreading Activation Mobile (SAM) adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Cincinnati Children’s Hospital Medical Center untuk ngelacak k...

Postingan POPULER