1.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengembangan sistem berorientasi
objek dan apa hubungannya dengan UML?
Pengembangan
berorientasi objek yaitu cara berpikir baru tentang perangkat lunak berdasarkan
abstraksi yang terdapat dalam dunia nyata. Dalam konteks pengembangan menunjuk
pada bagian awal dari siklus hidup pengembangan sistem, yaitu survei, analis,
desain, implementasi dan pemeliharaan sistem.
Hubungan
sistem berorientasi objek dengan UML : UML itu sebagai salah satu alat bantu
yang sangat handal dalam bidang pengembangan sistem berorientasi objek karena
UML menyediakan bahasa pemodelan visual yang memungkinkan pengembang sistem
membuat blue
print atas visinya dalam bentuk yang baku.
2.
Jelaskan 3 teknik/konsep dalam OOA/OO?
a. Pemodulan (Encapsulation)
Encapsulation merupakan dasar untuk pembatasan
ruang lingkup program terhadap data yang diproses. Data dan prosedur atau
fungsi dikemas bersama-sama dalam suatu objek, sehingga prosedur atau fungsi
lain dari luar tidak dapat mengaksesnya. Dan data terlindung dari prosedur atau
objek lain, kecuali prosedur yang berada dalam objek itu sendiri.
b. Penurunan (Inheritance)
Inheritance adalah teknik yang menyatakan bahwa anak dari objek akan
mewarisi data/atribut dan metode dari induknya langsung. Atribut
dan metode dari objek dari objek induk diturunkan kepada anak objek, demikian
seterusnya.
c. Polymorphism
Polymorphism merupakan
konsep yang menyatakan bahwa sesuatu yang sama dapat mempunyai bentuk dan
perilaku berbeda.
3.
Jelaskan 3 elemen utama dalam UML?
a. Benda / Things / Objek
Objek merupakan bagian paling statik dari sebuah model yang menjelaskan
elemen–elemen lainnya dari sebuah konsep.
b. Hubungan / Relationship
Ada 4 macam hubungan dalam penggunaan UML, yaitu :
- Dependency, hubungan semantik antara dua objek yang mana sebuah objek berubah mengakibatkan objek satunya akan berubah pula.
- Association, hubungan antar benda secara struktural yang terhubung diantara objek dalam kesatuan objek.
- Generalizations, hubungan khusus dalam objek anak yang menggantikan objek induk dan memberikan pengaruhnya dalam hal struktur dan tingkah lakunya kepada objek induk.
- Realizations, hubungan semantik antarpengelompokkan yang menjamin adanya ikatan diantaranya yang diantara interface dan kelas atau elements, serta antara use cases dan collaborations.
c. Bagan atau Diagrams
Diagram adalah yang
menggambarkan permasalahan maupun solusi dari permasalahan suatu model.
4.
Jelaskan diagram apa saja yang ada pada UML?
- Diagram Use Case, menggambarkan apa saja aktifitas yang dilakukan oleh suatu sistem dari sudut pandang pengamatan luar.
- Diagram Class, memberikan pandangan secara luas dari suatu sistem dengan menunjukan kelas-kelasnya dan hubungan mereka.
- Diagram Package dan Object,merupakan kumpulan elemen – elemen logika UML yang bertujuan untuk mengelompokkan Diagram class yang lebih kompleks.
- Diagram Sequence, merupakan salah satu diagram Interaction yang menjelaskan bagaimana suatu operasi itu dilakukan yang diatur berdasarkan waktu.
- Diagram Collaboration juga merupakan diagram Interaction berfungsi membawa informasi yang sama dengan diagram Sequence, tetapi lebih memusatkan atau memfokuskan pada kegiatan obyek dari waktu informasi itu dikirimkan.
- Diagram State Chart merupakan indikator yang menunjukan kemungkinan dari keadaan obyek dan proses yang menyebabkan perubahan pada keadaannya.
- Diagram Activity, menunjukkan bagaimana aktifitas – aktifitas tersebut bergantung satu sama lain. dan berfokus pada aktifitas – aktifitas yang terjadi yang terkait dalam suatu proses tunggal.
- Diagram Component adalah sebuah kode – kode modul yang merupakan fisik sebenarnya dari diagram Class.
- Diagram Deployment menerangkan bahwa konfigurasi fisik software dan hardware.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar